Sabtu, 09 Februari 2019

SISTEM DAN MEKANISME PENINGKATAN MUTU PELAYANAN TERUS-MENERUS



SISTEM DAN MEKANISME PENINGKATAN MUTU PELAYANAN TERUS-MENERUS
Untuk memperkuat budaya organisasi, semua kegiatan harus menuju peningkatan mutu yang terus menerus. Untuk mewujudkan peningkatan mutu pelayanan terus menerus, pilar utamanya terdiri atas hal-hal berikut:
1. Visi manajemen dan komitmen
Nilai organisasi dan komitmen dari semua level sangat diperlukan.
2. Tanggung jawab
Agar setiap orang beranggung jawab, maka perlu standar yang kuat.
3. Pengukuran umpan balik
Perlu dibuat sistem evaluasi sehingga dapat mengukur apakah kita mempunyai informasi yang cukup.
4. Pemecahan masalah dan proses perbaikan
Ketepatan waktu, pengorganisasian sistem yang efektif untuk menyelesaikan keluhan, dan masalah sistem memerlukan proses perbaikan dalam upaya meningkatkan kepuasan pelanggan.
5. Komunikasi
Perlu ada mekanisme komunikasi yang jelas. Jika tidak ada informasi, maka petugas atau staf merasa diabaikan dan tidak dihargai.
6. Pengembangan staf dan pelatihan
Pengembangan staf dan pelatihan berhubengan dengan pengembangan sumber daya yang dapt mempengaruhi kemampuan organisasi dalam memberikan pelayanan.
7. Keterlibatan tim kesehatan
Perlu ketrlibatan tim kesehatan agar mereka terlibat dan berperan serta dalam strategi organisasi.
8. Penghargaan dan pengakuan
Sebagai bagian dari strategi, perlu memberikan penghargaan dan pengakuan kepada visi pelayanan dan nilai sehingga individu maupun tim mendapat insentif untuk melakukan pekerjaan dengan baik.
9. Keterlibatan dan pemberdayaan staf
Staf yang terlibat adalah yang mempunyai keterikatan dan tanggung jawab.
10. Mengingatkan kembali dan pemberdayaan
Petugas harus diingatkan tentang prioritas pelayanan yang harus diberikan.

Mekanisme peningkatan mutu pelayanan menurut Trilogi Juran adalah sebagai berikut:
1. Quality Planning, meliputi:
1.      Menentukan pelanggan.
2.      Menentukan kebutuhan pelanggan.
3.      Mengembangkan gambaran produk sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
4.      Mengembangkan proses yang mampu menghasilkan produk sesuai dengan gambaran produk.
5.      Mentrasfer rencana menjadi kebutuhan pelaksanaan.

2. Quality Control, meliputi:
1.      Mengevaluasi kinerja produk saat ini.
2.      Membandingkan kinerja sesungguhnya dengan tujuan produk
3.      Melaksanakan atau memperbaiki perbedaan.

3. Quality Improvement, meliputi:
1.         Mengembangkan infrastruktur.
2.         Mengidentifikasi proyek peningkatan mutu.
3.         Membentuk tim mutu.
4.         Menyiapkan tim dengan sumber daya dan pelatihan serta motivasi untuk mendiagnosis penyebab, menstimulasi perbaikan, dan mengembangkan pengawasan untuk mempertahankan peningkatan.







1 komentar:

  1. Casino: 11 Casinos Near DC (Washington, D.C.
    The closest casino 태백 출장샵 to DC is Harrah's Cherokee Casino in 제천 출장샵 Cherokee. 통영 출장샵 Harrah's Cherokee is located in 영천 출장샵 the city of Cherokee, near the 전주 출장마사지 airport

    BalasHapus

asuhan kebidanan pada neonatus

ASUHAN KEBIDANAN   PADA IBU BERSALIN PADA NY”D” G 1 P 0 A 0 JANIN TUNGGAL   HIDUP   PRESENTASI KEPALA DENGAN TINDAKAN EPISIOTOMI DI ...