PENGERTIAN MUTU
PELAYANAN KESEHATAN
Beberapa definisi mutu pelayanan kesehatan
adalah sebagai berikut:
· Mutu pelayanan kesehatan
adalah pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan
kesehatan yang sesuai dengan tingkat kepuasaan rata-rata serata
penyelenggaraannya sesuai dengan standart dan kode etik profesi (Azrul Azwar,
1996).
· Memenuhi dan melebihi
kebutuhan serta harapan pelanggan melalui peningkatan yang berkelanjutan atas
seluruh proses. Pelanggan meliputu, pasien, keluarga, dan lainnya yang datang
untuk pelayanan dokter, karyawan (Mary R. Zimmerman).
· Pengertian mutu
pelayanan kesehatan (Wijono, 1999) adalah :
1. Penampilan yang sesuai
atau pantas (yang berhubungan dengan standart) dari suatu intervensi yang
diketahui aman, yang dapat memberikan hasil kepada masyarakat yang bersangkutan
dan yang telah mempunyai kemampuan untuk menghasilkanpada kematian, kesakitan,
ketidak mampuan dan kekurangan gizi (Roemer dan Aquilar, WHO, 1988).
2. Donabedian, 1980 cit.
Wijono, 1999 menyebutkan bahwa kualitas pelayanan adalah suatu pelayanan yang
diharapkan untuk memaksimalkan suatu ukuran yang inklusif dari kesejahteraan
klien sesudah itu dihitung keseimbangan antara keuntungan yang diraih dan
kerugian yang semua itu merupakan penyelesaian proses atau hasil dari pelayanan
diseluruh bagian.
3. Secara umum pengertian
mutu pelayanan kesehatan adalah derajat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang
sesuai standar profesi dan standar pelayanan dengan menggunakan potensi sumber
daya yang tersedia di rumah sakit atau puskesmas secara wajar, efisien, dan
efektif serta diberikan secara aman dan memuaskan sesuai norma, etika, hukum,
dan sosial budaya dengan memperhatikan keterbatasan dan kemampuan pemerintah,
serta masyarakat konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar